Untuk memulai Bisnis Online yang kita butuhin selain Blog pasti juga Komputer / Laptop dan Koneksi Internet Tentunya, Bagi yang mau beli/rakit komputer atau upgrade ada baiknya baca posting ini dulu yach. Sekarang saya akan membahas tentang Komputer dulu dan yang lain akan menyusul di posting berikutnnya. Mulai dari Otaknya Komputer dulu yaitu Prosesor untuk masalah Motherbot, VGA dan lain-lain menyusul kemudian. Langsung ke pokok bahasan udah pada taukan Prosesor Intel dan AMD ??? masih bingung mana yang lebih bagus. Banyak aspek yang berpengaruh disini mulai dari performa sampai masalah keuangan, koq bisa ya??? Cekidot

Sebelum membandingkan kita harus tau dulu perbandingan dua Prosesor ini Lihat tabel di bawah ini bila perlu Sampai Melotot hehehehe

Intel AMD
Core i7-2600, -2600K
Core i7-965, -975 Extreme, -980X Extreme, -990X Extreme
Core i7-970, -960
Core i5-2500, -2500K
 
Core i7-860, -870, -875K, -920, -930, -940, -950,
Core i5-750, -760
Core 2 Extreme QX9775, QX9770, QX9650
Core 2 Quad Q9650
Core i3-2100
Phenom II X4 Black Edition 975
Core 2 Extreme QX6850, QX6800
Core 2 Quad Q9550, Q9450, Q9400
Core i5-650, -655K, -660, -661, -670, -680
Phenom II X6 1100T BE, 1090T BE, 1075T
Phenom II X4 Black Edition 970, 965, 955 
Core 2 Extreme QX6700
Core 2 Quad Q6700, Q9300, Q8400, Q6600, Q8300
Core 2 Duo E8600, E8500, E8400, E7600
Core i3 -530, -540, -550
Phenom II X6 1055T
Phenom II X4 945, 940, 920, 910, 910e, 810
Phenom II X3 Black Edition 720, 740
Athlon II X4 645, 640, 635, 630
Athlon II X3 455, 450, 445, 440, 435
Core 2 Extreme X6800
Core 2 Quad Q8200
Core 2 Duo E8300, E8200, E8190, E7500, E7400, E6850, E6750
Phenom II X4 905e, 805
Phenom II X3 710, 705e
Phenom II X2 565 BE, 560 BE, 555 BE, 550 BE, 545
Phenom X4 9950
Athlon II X4 620
Athlon II X3 425
Core 2 Duo E7200, E6550, E7300, E6540, E6700
Pentium Dual-Core E5700, E5800, E6300, E6500, E6600, E6700
Pentium G9650
Phenom X4 9850, 9750, 9650, 9600
Phenom X3 8850, 8750
Athlon II X2 265, 260, 255
Athlon 64 X2 6400+
Core 2 Duo E4700, E4600, E6600, E4500, E6420
Pentium Dual-Core E5400, E5300, E5200 
Phenom X4 9500, 9550, 9450e, 9350e
Phenom X3 8650, 8600, 8550, 8450e, 8450, 8400, 8250e
Athlon II X2 240, 245, 250
Athlon X2 7850, 7750
Athlon 64 X2 6000+, 5600+
Core 2 Duo E4400, E4300, E6400, E6320
Celeron E3300
Phenom X4 9150e, 9100e
Athlon X2 7550, 7450, 5050e, 4850e/b
Athlon 64 X2 5400+, 5200+, 5000+, 4800+
Core 2 Duo E5500, E6300
Pentium Dual-Core E2220, E2200, E2210
Celeron E3200
Athlon X2 6550, 6500, 4450e/b,
Athlon X2 4600+, 4400+, 4200+, BE-2400
Pentium Dual-Core E2180
Celeron E1600
Athlon 64 X2 4000+, 3800+
Athlon X2 4050e, BE-2300
Pentium Dual-Core E2160, E2140
Celeron E1500, E1400, E1200

Dari tabel di atas kalian sudah pada tau mana yang lebih unggul. Eit tapi tunggu dulu itu kan dilihat dari satu sisi coba kita lihat dari sisi harga dan sisi lainnya??? Sebagai perbandingan, saat itu saya menggunakan AMD Duron 1300seharga Rp. 570.000 (sekelas Intel Pentium 3) tapi mampu di adu kehandalannya dengan Intel Pentium 4 1,5 Ghz seharga Rp. 940.000. Masih berpikir Intel lebih unggul??? yuk kita bahas lebih dalam lagi.

PERBEDAAN, KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN PROSESOR INTEL DAN PROSESOR AMD

Beberapa perbedaan, keunggulan dan kekurangan prosesor Intel dan AMD :
1. Set instruksi pada Intel adalah MMX, SSE,SSE2, dan SSE3, tetapi pada AMD SSE2 dan 3DNow. Tetapi dari sekian banyak istruksi yang dipakai oleh intel sebetulnya telah ada dalam 3DNow-nya AMD yang tidak dimiliki oleh Intel.
2. L1 pada Intel maksimal 32K, sedang pada AMD adalah 128K. Bedasarkan beberapa test AMD dengan L1 128K lebih unggul dibanding dengan Intel.
3. Banyak transistor pada Intel 100 milyar sedang AMD 105 milyar.
4. Banyaknya Decoder, Integer, FP pada intel lebih sedikit dibanding AMD yang secara signifikan perbedaan tersebut meningkatan kinerja dari AMD.
5. Temperatur pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri (processor akan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas), pada AMD64 temperatur maksimum adalah 900C. Teknologi Intel lebih unggul dibanding AMD.
6. AMD lebih unggul dalam pengolahan komunikasi aplikasi, seperti transfer data pada modem, ADSL, MP3, dan Doubly Digital Suround Sound.
7. Pipeline pada intel lebih panjang dibanding dengan AMD, tetapi pipeline Intel bermasalah pada pertukaran tugas, sehingga pipeline intel kecepatannya melambat berada dibawah AMD.
8. Intel menang di brand image dan marketnya, sedangkan AMD harganya yang lebih murah.
9. Pada prosesor Intel Pentium 4 harga standard, kinerjanya lumanyan cepat. Memang sih, untuk urusan grafis masshi kalah dibanding dengan AMD, tapi paling tidak prosesor Intel tidak cepat panas.
10. Pada prosesor AMD Athlon harga agak murah dibanding Intel. Grafis bagus banget, kecepatannya lumayan, tapi cepet banget panas dibandingkan Intel.

11. Untuk harga dan daya (listrik) pemakaian memang AMD jauh lebih murah dan jauh hemat listrik itu kelebihannya agar modal gak keluar banyak dan cash-flow untuk bulanan (bayar listrik) sedikit lebih ringan.

Intel:
PLUS(+):
  • Memiliki varian-varian dengan performa paling kencang, bahkan belum ada prosesor AMD yg bisa jd tandingannya pd range hrg >2jt (tepatnya AMD emg ga punya prosesor dgn hrg >2jt).
  • Banyak yang bilang sangat stabil dipakai keperluan aplikasi berat dan multi tasking
  • Range varian dan harga paling banyak
  • Rasio Clock/performance paling baik
  • Konsumsi daya kecil dengan performa tinggi
MINUS(-):
  • Harganya mahal
  • Banyaknya varian bisa bikin bingung
  • Varian tertinggi (Extreme Edition) mahal amit-amit
  • Harga satu platform (prosesor+mobo+RAM) yang tinggi.
AMD:
PLUS(+):
  • Harga murah, dengan performa seimbang
  • Varian lebih ditujukan ke arah ekonomis dengan price/performance ratio tertinggi yang bahkan melebihi price/performance Intel.
  • AMD panas? kata siapa? itu mah AMD d jaman dinosaurus masih hidup. Skrg,di sini uda banyak yang buktiin kl AMD Quad-core bahkan bisa lebih dingin drpd Intel Dual-core.
  • Varian tertinggi (Black Edition) dibandrol dgn hrg terjangkau, tanpa kehilangan muka d depan prosesor Intel dengan harga yang sama.
  • Harga platform (prosesor+mobo+RAM) lebih murah tanpa mengorbakan performa kseluruhan.
MINUS(-):
  • Konsumsi daya lebih tinggi drpd prosesor Intel dengan performa sama
  • RasioClock/performance yang lbh rendah drpd Intel (contohnya AMD Phenom II X4 955BE 3,2GHz baru bisa ngimbangin Intel Core 2 Quad Q9550 yg 2,8GHz, dan Phenom II 810 3,6GHz bisa diimbangin sm stock Core i5 750 2,6GHz)

Kesimpulan Saya Pribadi :
Prosesor Intel lebih kuat dari porsesor AMD pada aplikasi multimedia dan Multi Tasking, sebaliknya prosesor AMD menang dari prosesor Intel di gaming dan program 3D nya.
Ga ada masalah mau pake AMD/INTEL Kemungkinan masalah pertimbangan harga saja,,,sistem AMD dengan kemampuan yang setara dengan INTEL, harganya lebih murah dibanding INTEL… saya garis bawahi, sistem dengan kemampuan setara lho… 
Nah kesimpulannya silahkan ambil sendiri…mau pilih yg mana….itu sama baiknya…
kuncinya bisa diambil dengan Spesifikasinya dari masing2 brand…karena itu VITAL…