Banyak pengguna Mac OS X yang susah untuk berpindah ke OS lainnya, baik Windows maupun Linux. Sebagian besar penyebabnya adalah karena pengguna mac dimanjakan dengan antar muka yang simple dan manis. Hal ini sesuai dengan filosopi mendiang pendiri Apple.Inc yaitu Steve Jobs.

Berdasarkan dari semangat untuk membuat antar muka yang sederhana namun tetap manis, maka lahirlah Pear Linux yang merupakan distribusi linux berbasis Ubuntu Linux yang meniru mekanisme dan penampilan Apple Mac OS X. Saat ini versi Pear Linux adalah Pear Linux 6 dengan kode “Bartlett”, diturunkan dari Ubuntu 12.04 LTS, dan menggunakan Gnome Shell untuk desktopnya.

Pear Linux

Pear Linux dapat didownload dari situs resminya. Anda bisa mendownload Pear Linux melalui http biasa atau melalui torrent. Setelah Anda selesai men-download file ISO, Anda harus mencetaknya ke DVD atau bisa membuat booting via USB dengan bantuan software rufus atau unetbootin.

Pear Linux

Daripada Anda menggelontorkan uang yang begitu banyak untuk membeli sebuah macbook pro/air, imac, hanya untuk mendapatkan tampilan yang sederhana dan manis. Lebih baik Anda install Pear Linux.

Pear Linux

Kesimpulan

Sekalipun tampilan mirip seperti OS X namun tetap saja tidak bisa menyamai OS X secara sempurna, karena memang beda system operasi dan beda dari sisi konsep desain. Namun demikian, Pear Linux setidak bisa memberikan sentuhan Pinguin rasa Apple. Selain daripada itu, Pear Linux bisa menjadi alternative bagi pengguna OS X yang ingin berpindah ke OS lain, tapi sudah terlalu terbiasa dengan tampilan OS X. Menggunakan Pear Linux merupakan pendekatan yang lebih baik kearah tampilan OS X.

Jika Pear Linux masih belum bisa memberikan Pinguin rasa Apple, mungkin Anda bisa mencoba menggunakan Ubuntu Linux kemudian menginstall themes MacBuntu.

Download Pear Linux