Keamanan merupakan salah satu hal penting dalam penggunaan sistem operasi khususnyaWindows 7. Kebijakan seorang pengguna untuk mengamankan sistem operasi yang digunakannya memang perlu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dari pengguna yang tidak memiliki ijin untuk menggunakannya. Tapi bagi sebagian orang fasilitas login yang disediakanWindows dirasa tidak perlu, khususnya jika login diminta saat komputer diaktifkan setelah sleep. Ada cara mudah untuk menonaktifkan login setelah sleep yang akan kita bahas di edisi ini.
Login Otomatis setelah Sleep
Ketika nanti login setelah sleep dinonaktifkan, maka ketika komputer dinyalakan dari kondisi sleep desktop Windows langsung muncul dan bisa digunakan. Pengaturannya adalah sebagai berikut:
1. Bukalah Control Panel dan pilih Power Options.
power-options
power-options
2. Pada panel sebelah kiri, Klik Requiere a password on wake up.
require-password
require-password
3. Pada bagian bawah jendela pengaturan yang terbuka, pilih Don’t require a password pada bagian Password protection on wakeup.
set-without-password
Maka ketika anda suatu saat ingin mengaktifkan login kembali, pilih Require a password agar setelah sleep ada autentikasi login dari penggunanya.
4. Klik Save changes untuk mengakhiri pengaturan
Kapan login otomatis diperlukan?
Login otomatis setelah sleep dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk membukadesktop tanpa harus mengisi password terlebih dahulu. Cara ini disarankan jika anda tidak mempersilahkan orang lain untuk mengakses komputer anda, misalkan keluarga atau teman sekamar yang sudah anda percaya. Tapi untuk komputer yang ada di lingkungan kerja, maka ada baiknya fasilitas login tetap diberikan agar tidak ada orang yang mengacak-acak pekerjaan anda.
Penutup
Keamanan data dan sistem pada komputer sejatinya tidak hanya terletak pada sistem itu sendiri, melainkan dari kebijakan penggunanya yang menentukan lemah tidaknya suatu keamanan komputer. Semoga bermanfaat.